BERAS DAN NASI

Di zaman sekarang ini bukan hal yang asing apabila kita mendengar sebuah kata yaitu nasi, kata yang masuk ke dalam kelompok makanan ini bukan suatu hal yang sangat asing apabila kita mendengarnya bahkan mengetahuinya. Sejak kita balita yaitu saat telinga, mata, dan otak kita mulai berfungsi dengan baik pasti kita mengetahui apa itu nasi, fungsi dari nasi, bahkan bentuk dari nasi tersebut. Nasi memang kebutuhan utama bagi sebagian warga dunia, karna dari nasi itulah kita bisa melakukan berbagai jenis aktifitas yang biasa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Nasi kaya akan karbohidrat yang di butuhkan oleh tubuh manusia, maka dari itu nasi menjadi kebutuhan utama penduduk dunia. Sebenarnya di Negara-negara lain tidak banyak yang mengkonsumsi nasi sebagai bahan pangan yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh manusia, untuk memenuhi karbohidrat yang di butuhkan tubuh manusia biasanya mereka lebih sering mengkonsumsi kentang, roti, jagung atau gandum yang sama kaya akan tingginya karbohidrat dengan nasi, tetapi kita ada sebagian Negara termasuk Indonesia lebih memilih nasi untuk di jadikan sumber energi untuk tubuh kita.

 

Dalam konteks yang sebenarnya pun tidak semua penduduk Indonesia mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok kita, pada umumnya mereka yang masih mempunyai keturunan dari bangsa Eropa, Australia, Amerika, dan Afrika mengkonsumsi roti, kentang ataupun gandum sebagai makanan pokok mereka. Nasi mulai di perkenalkan di dalam kehidupan kita mungkin saat kita berusia 3 tahun, saat gigi dan fungsi pencernaan kita bisa optimal dengan fungsi yang baik, hal itu bisa terjadi karena nasi sangat keras dari segi bentuk, memerlukan waktu berulang kali untuk melumatkan nasi tersebut di dalam mulut hingga nasi itu bisa tertelan ke dalam tenggorokan kita. Biasanya anak yang berusia di bawah 3 tahun mengkonsumsi bubur sebagai bahan makanan pengganti nasi, tidak hanya anak yang berusia di bawah 3 tahun saja yang mengkonsumsi bubur sebagai pengganti nasi tetapi orang yang sedang sakit biasanya mengkonsumsi bubur sebagai pengganti nasi, hal itu bisa terjadi di karenakan tidak optimalnnya fungsi pencernaan di dalam tubuh orang yang sedang sakit.

 

Kegunaan nasi memang sangat besar bagi hidup kita, karna nasi adalah sumber energi terbesar untuk tubuh kita, tetapi taukah kamu dari mana nasi itu berasal serta bagaimana prosesnya hingga terbentuk sebuah nasi yang biasa kita makan sehari-hari? Jawaban pun beragam dari semua orang yang di beri pertanyaan seperti itu, dan dari pertanyaan yang sederhana ini banyak yang belum mencapai hasil yang sempurna dalam menjawabnya, saya pun termasuk ke dalam golongan orang yang belum bisa menjawab dengan sempurna, dari mana nasi berasal. Sebagian dari mereka menjawab bahwa nasi terbuat dari padi, ada juga yang menjawab nasi terbuat dari beras, secara umum jawaban mereka memang benar tetapi apabila di kupas lebih lanjut dari jawaban tersebut banyak yang kurang dalam penjelasan proses terbentuknya nasi tersebut dan pada akhirnya belum di capai kesempurnaan dari jawaban tersebut.

 

Dari hal itu lah bisa kita kupas lebih lanjut tentang bagaimana proses terbentuknya nasi, nasi memang berasal dari beras dan beras di hasilkan dari padi, tetapi secara proses tidak sesingkat itu, ada proses penjelasan metamorphosis hingga nasi bisa kita hasilkan. Pada umumnya awal terbentuknya nasi adalah beras tetapi beras pun merupakan hasil dari sekumpulan padi. Padi merupakan sumber karbohidrat utama bagi sebagian besar penduduk dunia, sehingga produksi padi dunia menempati urutan ketiga dari semua serealia, setelah jagung dan gandum. Biasanya padi di tanam terlebih dahulu hingga panen, Setelah padi dipanen, bulir padi atau gabah dipisahkan dari jerami padi. Pemisahan dilakukan dengan memukulkan seikat padi sehingga gabah terlepas atau dengan bantuan mesin pemisah gabah. Gabah yang terlepas lalu dikumpulkan dan dijemur, penjemuran biasanya memakan waktu tiga sampai tujuh hari, tergantung kecerahan penyinaran matahari. Gabah yang telah kering lalu ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga bagian luarnya (kulit gabah) terlepas dari isinya, bagian isi inilah yang kita sebut dengan beras. Begitulah proses dari padi hingga menjadi beras yang merupakan suatu bahan utama terbentuknya nasi.

Beras yang kita hasilkan tadi bisa kita proses lagi hingga bisa terbentuk menjadi sebuah nasi, cara proses pemasakan nasi pun ada yang berbeda-beda, ada yang secara instan ataupun tradisional. Cara membuat nasi yang benar adalah, sebelum kita memasak nasi masukan terlebih dahulu beras ke dalam panci, lalu sebaiknya kita mencuci beras terlebih dahulu agar kotoran ataupun kutu yang ada dalam beras bisa hilang, kita mencuci beras tersebut dengan air lalu kita aduk beras tersebut dengan air sekitar 30 detik, setelah itu kita buang air tersebut bersama kotoran yang ada di dalam beras, lakukan sekitar 3 atau 4 kali pembuangan air kotor bekas cucian beras tersebut. Setelah air kotor tersebut habis lalu berikan lagi air bersih di dalam panci tersebut hingga air mencapai 2 cm di atas permukaan beras, lalu beras dan air yang ada di dalam panci tersebut kita panaskan di atas api, tunggu hingga 5-10 menit hingga beras mencapai setengah matang, lalu aduk nasi setengah matang tersebut. Setelah itu pindahkan nasi setengah matang tersebut ke dalam panci yang berukuran lebih besar, isi panci tersebut dengan air sepertiga bagian panci tersebut, lalu masukan nasi setengah matang tersebut ke dalam langseng (tempat seperti panci tetapi ada lubang-lubang kecil), letakkan langseng di atas permukaan air (berada di atas panci besar tersebut), lalu tunggu hingga 10-15 menit sampai nasi matang.

Seperti itulah cara memasak beras hingga menjadi nasi lewat proses tradisional, adapun cara instan yang beberapa waktu belakangan ini sering di gunakan hampir sebagian orang saat memasak nasi yaitu dengan menggunakan rice cooker. Caranya sangat mudah, cuci beras dengan air hingga bersih, lalu berikan air bersih hingga mencapai 2 cm di atas permukaan beras, letakkan tempat nasi tersebut ke dalam rice cooker, lalu colok kabel penyambung listrik ke aliran listrik yang ada di sekitar rumah, lalu tekan cook dan tunggu hingga 10-15 menit, nasi pun akan matang dan dapat di makan.

Begitulah proses yang kita namakan metamorphosis dari beras hingga menjadi nasi, dengan penjelasan seperti inilah kita mengetahui bahwa nasi tidak hanya berasal dari beras tetapi ada komponen dan prosesnya hingga bisa menjadi nasi yang biasa kita makan sehari-hari. Nasi bisa terbentuk apabila ada beras, air, dan tentunya ada pemanasan hingga nasi itu bisa di hasilkan dengan matang. Nasi merupakan unsur dari 4 sehat 5 sempurna, yang dapat kita hidangkan bersama lauk-pauk ataupun sayur-sayuran, dan nasi pun termasuk hal yang sangat sering kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari, ada baiknya apabila kita mengetahui darimana nasi berasal dan bagaimana proses terbentuknya nasi tersebut, bukan dengan jawaban yang singkat tapi dengan jawaban yang sederhana tetapi penuh akan makna

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Beras

http://id.wikipedia.org/wiki/Padi

ANDARU PURWANTO PUTRA

19110965

1KA21/2010

About andaru24

just foolish boy to something boy
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment